Selasa, 05 September 2017

Kinnara di Kidzania Jakarta

Sebetulnya sudah lama sekali saya ingin mengajak putri saya ke tempat ini, tetapi setelah membaca beberapa blog dan googling sana sini ternyata direkomendasikan untuk anak yang sudah memiliki tinggi 110cm. Ini bukan tempat tujuan liburan saya dan keluarga kali ini, tetapi karena kinnara panas dan pesan dokter bahwa tidak boleh pergi jauh dahulu sebelum seminggu sejak panas ya akhirnya kami memutuskan untuk menunda liburan ke tempat yang lebih jauh.
Ternyata Kidzania terletak di salah satu mall yaitu Pasicif Place tepatnya di lantai 6. Jam operasional nya Senin - Kamis buka dari jam 09.00 - 16.00 dan jika hari Jumat- Minggu ada 2 sesi jam 09.00 - 14.00 dan 15.00 - 20.00, namanya juga emak emak dong ya saya tentunya memilih dihari senin karena waktu bermain lama bisa seharian, karena dari blog yang saya baca ketika weekend kita hanya bisa bermain sesuai sesi yang ada.

Untuk harga tiket anda bisa melihat website Kidzania www.jakarta.kidzania.com, beruntungnya saya saat datang ada promo kartu debit BCA diskon 35% dan promo kartu debit BRI buy 1 get 1 jadi kemarin saat saya kesana termasuk dapat harga yang murah karena memanfaatkan promo tersebut.
Ketika masuk kami diberi gelang setiap orang, fungsi gelang ini adalah untuk di scan setiap permainan tapi berlaku untuk anak ya karena orang tua hanya mendampingi dari luar.

Jadi berasa barang dagangan kan bentar bentar barcodenya di scan hihihihihi...

Setelah membeli tiket kinnara dikasih cek yang harus ditukarkan dengan uang Kidzos (nama uang di dalam Kidzania) sejumlah 50 Kidzos begitu masuk kita disambut mba - mba jualan tas buat isi uang, namanya emak emak gamau rugi haahahaha saya sudah menyiapkan tas kecil untuk isi uang Kidzos dari rumah, daripada beli disana 50ribu kan.
Kami menuju ke bank BRI, tentunya bank BRI versi bocah, kantor kecil dan ada security serta teller yang berjaga. Disitu Kinnara masuk dan menukar cek tersebut dengan uang Kidzos. Yeayyyy!!! dapat uang!! teriak Kinnara.

Kami masuk pukul 10.00 pagi, Berjalan perlahan melihat sekeliling kita seperti berada di kota mini, semua tempat nya memang dibuat khusus untuk anak, dari mulai bis milik bluebird, taksi, mobil dsb.
Saya akan menceritakan setiap mainan yang Kinnara mainkan.

Membuat Pizza di Pizzania
Disini kita menggunakan uang rupiah untuk membuat pizza ada 2 pilihan ukuran sedang dan besar dan 3 jenis pizza yang bisa dibuat, kemarin Kinnara memilih ukuran sedang dan pizza khas pizzania dengan harga 138.000 kalo ga salah si segituan lah hahahha lupaa... Kinnara di scan gelangnya, dipakaian celemek dan topi serta harus cuci tangan. Adonan pizza diberikan lalu dibikin tipis diletakan ke loyang dan ini hal yang paling disukai Kinnara mengoleskan saus dan menaburkan toping. setelah selesai hanya tinggal menunggu di bakar dannnn.... jeng jeng jeng jeng.. pizza pun jadi...
Yes bekal untuk makan siang sudah ada.


Polisi

Disini Kinnara harus berkelompok,setelah masuk Kinnara diberi penjelasan menjadi polisi itu seperti apa, dan diajari juga mewawancarai maling, setelah anak-anak berganti kostum jadi polisi mereka harus mengejar maling, seruuuuuuu.... capeeee hahhaha.. dan setelah tertangkap maling dimasukan penjara. Karena maling sudah tertangkap setiap anak mendapat gaji berupa uang Kidzos dan tentunya disini mereka mendapat minuman dingin larutan penyegar dari cap kaki tiga. Ini adalah permainan yang paling disukai Kinnara katanya seruuuuu kejar-kejar maling.




Pemadam Kebakaran
seperti biasa anak-anak dijelaskan gimana si kalau jadi pemadam kebakaran, dan mereka harus ganti kostum pemadam kebakaran. Seru disini karena tiba-tiba ada laporan kebakaran, setiap anak yang sudah berkostum pemadam harus segera menaiki mobil pemadam dan ke tempat kejadian.
Pas sudah sampai mereka segera menyemprotkan air ke gedung yang sedang kebakaran, para pegawai nya pun berteriak "ayooo segera padamkan apinya!!!" saya emaknya pun berasa jadi pemadam hihihihi... setelah api padam semua bertepuk tangan dan anak - anak kembali menaiki mobil untuk kembali ke kantor. Apa yang dilontarkan Kinnara setelah bermain ini? katanya "Bunda seruuuu bangettttttt aku mau lagi lagi lagi dan lagi"

Naik bus
disini ada bus dan taksi dari Bluebird, seperti dalam dunia nyata kita harus menunggu bus di halte dan ketika anak naik bus harus membayar 5 Kidzos untuk mengelilingi area Kidzania.


Lucu deh semua serba mini untuk anak - anak dari mulai bus, kursi serta atribut didalamnya.

Naik Mobil - mobilan
untuk mengendarai mobil - mobilan anak harus memiliki SIM layaknya orang dewasa di dunia nyata, untuk membuat SIM anak-anak harus datang ke rumah sakit untuk dicek kesehatan lalu ke Mitsubishi training center, dengan membayar 20 Kidzos anak-anak sudah dapat SIM A yang ada fotonya loh.. seperti SIM kita kita orang dewasa hiihihi...

Ada 2 tipe mobil yang bisa dipakai karena Kinnara tidak berani mengendarai yang di sirkuit akhirnya memilih mobil yang jalannya lebih pelan, sensasinya ya cuma keliling kota dan berhenti di pom bensin pura - pura beli bensin.


Karena uang Kidzos semakin menipis, kami memutuskan untuk ke atas mencari penghasilan karena dilantai atas isinya factory gitu. 

Membuat Teh Pucuk
Disini setelah memakai celemek dan topi, Kinnara diajak ke rumah kaca untuk memetik pohon teh, lalu kembali ke pabrik teh untuk memproses teh menjadi satu botol teh pucuk, 
bonusnya Kinnara dapat meneguk satu gelas teh pucukk ehmmm segerrrrrr... dan gak lupa sebelum keluar Kinnara diberi gaji.


Membuat Nugget
Sepertinya sudah SOP setiap tempat , begitu masuk menggunakan celemek dan topi serta cuci tangan, Kinnara diberi adonan nugget lalu dipipihkan dan dicetak, setelah dicetak nugget dimasukan ke mesin dan digoreng deh tapi sayang disini Kinnara tidak mendapatkan nuggetnya. Dan pastinya yang diharapkan Kinnara setelah bekerja adalah diberi gaji.

Membuat Coklat Silverqueen
Disini Kinnara duduk dimeja diberi wadah cetakan lalu disuruh memberi kacang mede dicetakan lalu coklat cair dimasukan ke cetakan, setelah coklat yang dicetak didinginkan, Kinnara diberi kertas pembungkus coklat dan diajari cara membungkusnya. 
Yippyyyy keluar dari sini coklat yang dibuat bisa kita bawa pulang dan tentunya mendapat gaji juga setelah bekerja di pabrik Silverqueen

Membuat Wafer Tango
Kembali berkutat dengan coklat, setiap anak diberi kepingan wafer lalu diberi coklat beserta spatula untuk mengoleskan coklat ke kepingan wafer. Setelah dioleh setiap kepingan ditempelan. Kinnara membuat 2 macam wafer yang satu wafer klasik serta satu lagi wafer cruncox lalu wafer yang sudah dibuat dimasukan kedalam kemasan dan di tutup menggunakan mesin.

Kinnara membawa pulang hasil buatannya serta bonus satu wafer tango yang ukuran 38gr dan tentu saja gaji. Seru disini liat bocah pada ngejilatin coklat yang nempel di tangan hihihihihi..

Membuat Mie Indomie
Disini hanya boleh masuk 6 orang karena alat membuat mie nya hanya ada 6 jadi harus mengantri. Setelah diberi adonan, Kinnara memipihkan adonan lalu meletakan adonan diatas alat membuat mie dengan memutar tuas keluarlah adonan yang berupa mie. 
Setelah itu hasil mie dimasukan ke mesin untuk diproses, mie yang keluar dari mesin sudah berupa mie goreng Indomie kemasan yang bisa dibawa pulang.

Salon - salonan
setelah lelah bekerja Kinnara memilih bermain salon-salonan disini Kinnara jadi pelanggan, sehingga harus membayar 5 Kidzos , rambut Kinnara dikucir, mukanya dibedakin, pipinya dikasih glitter dan tentunya kukunya diberi stiker kuku.

Lelah dilantai atas dan Kinnara memutuskan turun ke bawah. 

Jadi Suster
sebenarnya Kinnara ingin sekali jadi dokter tetapi untuk menjadi dokter harus ada pasiennya dan Kinnara tidak ada teman saat itu, akhirnya menjadi suster. Masuk ke ruangan bayi, disitu Kinnara diajari memandikan, memakaikan popok dan tentunya menibang bayi sambil menyusui. 

Hasil kerja mendapatkan gaji dan sebotol pocari sweat.

Dokter Gigi
Disini setelah berganti baju menggunakan kostum dokter gigi, diberi penjelasan menjadi dokter gigi.

Kinnara langsung praktek jadi dokter gigi, memegang alat untuk mengecek gigi yang rusak, menggebor gigi dan sebagainya. Ada 2 pasien yang siap diacak acak mulutnya oleh anak anak hihihihihi... 

Belanja di Indomaret
semua barang didalam indomaret sesuai barang nyata. Disini anak-anak bisa berperan sebagai kasir , atau pembeli, setiap anak diberi list  yang harus dibeli dan setelah semua list belanjaan sudah selesai menuju ke kasir. 

Kasirnya seperti kasir di indomaret beneran di scan pakai barcode dan muncul struk nya, hanya saja disini tidak perlu membayar.

Membuat Kue di Bogasari
Kinnara diajarkan membuat adonan kue dari mulai tepung, air dan tentunya telur diaduk , adonan dimasukan ke kantong lalu dicetak setelah selesai dicetak dimasukan ke oven. Disini gak begitu seru sih soalnya anak - anak lebih banyak melihat tidak beraktifitas, aktifitasnya hanya mencetak saja. 

Diakhir setiap anak dapat kartu sertifikat bakery sama dapat bingkisan isinya kue yang tadi dibuat dan tentu saja gaji.

Menjadi Pegawai Handuk Terry Palmer
Masuk kesini hanya mengisi kekosongan karena detik-detik Kidzania tutup, didalam Kinnara dijelaskan membuat handuk bahan dasarnya apa dan prosesnya seperti apa. Lalu aktifitas Kinnara adalah menyablon handuk kecil yang nantinya handuk itu untuk Kinnara. Yippy dapat handuk kecil dengan kualitas Terry Palmer.

Menjadi Pilot di Garuda Indonesia
Didalam sini orang tua tidak boleh masuk dan hanya bisa melihat di CCTV yang disediakan di luar, kata Kinnara sih dia jadi pilot jadi liat awan gitu deh. 

Hanya 15 aktifitas yang bisa dilakukan Kinnara padahal sudah berangkat pagi dan pulang pas Kidzania tutup, jadi jam 15.30 semua aktifitas sudah melakukan aktifitas terakhir. Kinnara beraktifitas terus menerus tanpa mau makan dan ke toilet, kata dia karena seruuuu jadi gamau istirahat. Rata-rata setiap aktifitas memakan waktu 20-25 menit dan setiap aktifitas yang bekerja pasti mendapat gaji. 

Tips ke Kidzania menurut saya adalah :
1. Datang saat weekdays karena sepi, harga tiket lebih murah, anak-anak puas main banyak aktifitas
2. Pantengin instagramnya @KidzaniaJakarta karena informasi promo dan informasi Kidzania buka atau tidak ada disitu, terkadang Kidzania tidak dibuka untuk umum
3. Hanya boleh bawa air putih, bawalah air putih sebanyak banyaknya karena didalam mahal hihihihi
4. Rencanakan apa  yang ingin anak mainkan, kalau bisa yang menghasilkan makanan jadi itung-itung ga beli makan didalam karena harga makanan disana kisaran 50rban per paket.
5. Setiap aktifitas ada informasi untuk anak umur berapa, dapat gaji berapa dan memakan waktu berapa menit serta ada timer jadi kudu jeli ketika menunggu aktifitas jangan sampai menunggu terlalu lama mending main yang lain dulu.
6. Datanglah saat anak berumur diatas 6th karena rata-rata permainannya harus diatas 6th maksudnya biar ga rugi bayar tiketnya, walaupun saya rugi juga ada beberapa permainan yang si anak harus bisa baca,
7. Jangan lupa bawa tas kecil untuk tempat uang Kidzos biar ga lecek

Bagi keluarga yang ingin memanjakan anaknya disini, saya rekomendasikan tempat ini. Kinnara aja pingin balik lagi 😁