Rabu, 26 Februari 2014

Ayam Lele Penyet Benhil

Saya lagi rajin-rajinnya nulis soal kuliner di Jakarta, karena saya akan segera pindah dari kota ini. Jadi nanti setelah pindah saya bisa menceritakan kuliner baru di kota tempat saya tinggal nanti.
Saya mengenal ayam lele penyet saat saya kuliah di Jogja, awalnya malas mencoba karena pakai sambel secara saya ga doyan pedes sama sekali. Tapi akhirnya belajar makan pedes ya sedikit bisa lah kalau cabe cuma satu siy.
Di bendungan hilir ada tempat ayam dan lele penyet namanya "Ayam Penyet Kumis" , mungkin yang punyanya berkumis kali ya..
Uniknya disini sambel nya langsung di buat saat pembeli memesan, dibuat diatas piring kecil yang terbuat dari tanah liat, kalau ga salah liat bumbu sambelnya kemiri bakar, garam, terasi dan cabe. Sambel inilah yang membuat penyetan disini uenakkkkkkk....
Pilihannya disini ada ayam penyet dan lele penyet, sambelnya juga bisa sesua selera kita mau sepedes apa. Yang jelas disini tidak ada menu bakar-bakaran.
Seporsi biasanya terdiri dari nasi, lele or ayam, sambel diatas piring tanah liat, lalapan yang isinya daun kemangi, timun dan kol, sama kobokan.
Minumannya ada es teh, es jeruk dan berbagai macam jus.
Lokasi tepatnya berada di pertigaan Bendungan Hilir yang ada kantor polisinya, saya bingung nih mau jelasinnya gimana.. hehehee..
Kalau dari arah sudirman, terus aja nanti setelah melewati pasar benhil ketemu pertigaan, nah di pertigaan itu cari aja warung pinggir jalan tulisannya "Ayam Penyet Kumis", gampang kok carinya.
Buka dari maghrib sampai habis, kemarin saya datang sekitar jam 7 kurang masih sepiii.. mungkin jam aman jam segitu, karena dulu pernah kesitu pas jam 8 an dan antrinyaaaa.. bahkan antri tempat duduk juga.
Beberapa kali saya kesini sering ketemu artis, hehhehee saking enaknya kali jadi si artis mau makan sini.
Saya lupa kalau harga seporsinya, biasanya saya disini makan lele penyet, 2 lele penyet dan 2 es teh manis ditotal 30.000, mungkin seporsinya 12.000 kali ya , es teh 3000. 
Oia, disini selain ayam dan lele penyet juga bisa nambah tahu dan tempe goreng untuk pelengkap.
Tempat ini recomended sekali untuk dikunjungi, beberapa kali saya makan disini rasanya tetap sama yaitu ENAKKKKK...
walaupun sambelnya dibuat secara mendadak tapi rasanya konsisten.

Selamat Mencoba ya.. :)

1 komentar:

  1. bukk,,, ini ayam yang dipakai ayam apa,,?
    kampung atau potong??

    BalasHapus