Selasa, 07 Desember 2010

Belitung Kota Sejuta Batu


Belitung adalah kota yang ingin ras kunjungi sejak menonton film Laskar Pelangi.. akhirnya setelah menikah dan karena ras dan suami memiliki hobby yang sama yaitu travelling pergilah kita kesana.. tujuan pertama si selain liburan memang karena ingin bertemu teman lama..
nekadlah kita berangkat pada awal desember. Padahal da dikasi tauin tu kalo dari bulan November - Maret jangan ke Belitung karena disana anginya lagi gede plus ujan turun.. tapi berhubung kita kan mba-mba dan mas-mas kantoran jadi ya selama dapet cuti kita cabut aja..

penerbangan ke Belitung hanya ada batavia dan sriwijaya.. enakan naik sriwijaya soalnya ada beberapa kali jam penerbangan untuk kesana. berangkatlah kita kesana memakai penerbangan paling pagi dari jakarta.. sampai sana kita sewa motor seharinya 50rb.. ya lumayanlah.. berhubung udara cerah..langsung deh ke pantai tanjung tinggi.. wahhh serasa laskar pelangi.. hihihihihi kagum banget sama batu batu yang gede gede... puas puasin deh poto poto mumpung cuaca cerah..
setelah cape poto poto lanjut makan siang.. harus coba dunk kuliner situ.. kata temen kita harus coba ikan katarap bumbu nanas.. mangtabsss banget ni ikan.. da gitu di bumbu nanas.. ngga ngerti deh caranya gimana bikin tu masakan.. yang jelas dilidah mantabsss....
lanjut ke penginepan.. ada
penginepan dekat tanjung tinggi namanya lorin ini penginepan enak banget.. view nya langsung ke laut..
Lanjut ke tanjung kalayang.. disini ada t
empat dimana kita bisa nyebrang ke pulau lengkuas, pulau babi & pulau burung.. tapi berhubung masih cape & temen ras ga mau ikut kita putusin ke tanjung pandan lagi.. *hiks hiks hiks 45 menit lagi harus dilalui
Sampai Tanjung Pandan uda sore langsung deh ke Tanjung Pendam.. pantai ini terkenal buat nongkrong anak mudanya belitung.. bener juga pas ras disana kan hari sabtu.. wedeewww si pemuda pemudinya da pada kece kece abies...
pantai tanjung pendam ini cukup bikin ras bilang aneh soalnya kalo pagi pas air pasang, airnya bisa sampai ke batas dinding ya
ng ada disitu... tapi pas surut.. surutnya jauhhhhh bangetttt..
uda cape kongkow kongkow di tanjung pendam kita balik ke hotel.. asal tau aja jarak antara daerah satu ke daerah lain tu jauh jauh.. kalo ditempuh sekitar 45 m
enit itu tanpa macet dan dengan kecepatan 60km/jam.. plus harus nglewatin hutan hutan tanpa penerangan.. gila ga bisa bayangin kalo ban bocor ato motor rusak.. idihhh ngeriiii.. uda gitu disana mo cari bensin susah.. pom bensin cuma ada 2 itupun di pusat kota tanjung pandan dan pom bensin hanya buka dari jam 7 pagi ampe jam 12 siang.. alhasil antriannya kaya antri sembako.. buat kita kita yang mo beli seliter dua liter ya mau ga mau harus beli di eceran pinggir jalan dengan resiko tu harga naeknya jadi 6000 or 6500 per liter.. Istirahatlah kita dengan melihat bintang bintang yang super indah..
Esok paginya hujan pun turun.. uda bete banget deh.. padahal rencananya pengen banget ke manggar or nyebrang ke pulau pulau indah di sekitar belitung.. tapi hujan ga jadi hambatan buat kita.. nekadlah kita ke Tanjung Kelayang buat nyebrang ke pulau indah itu.. setelah nego dengan nahkoda kapal disitu.. kita nyebrang per kapal 350rb.. tujuannya pulau lengkuas, pulau babi & pulau pasir.. ngeri siy soalnya lagi ujan rintik-rintik plus ombak lumayan gede..tapi si nahkoda meyakinkan kita bahwa perjalanan akan baik-baik saja.. dan akhirnya kita berada di masa masa menegangkan.. naek kapal bagaikan naek kora kora di dufan.. bebacaan sepanjang perjalanan & semoga selamat sampai tujuan.. akhirnya sampailah di pulau lengkuas...
Subhanallah... indah bangettt... airnya jernih bisa snorkling liat ikan.. disitu juga ada mercusuar dari jaman belanda.. pokoknya dengan perjuangan kita yan
g kehantam ombak gede banget ga sia sia.. puas poto poto n berenang sana sini kita lanjutkan perjalanan ke pulau babi seperti pada waktu berangkat.. ombak pun berkecamuk plus ujan turun..
pulau babi ga jauh beda dengan pulau lengkuas.. yang bikin ras takjub adalah pulau pasir.. hanya ada seonggok pasir disitu serta berceceran bintang laut dimana ma
na.. tapi kalo kita kesana pada saat air pasang, jangan harap bisa nongkrong lama di pulau ini karena air akan menutupi pasir itu.. setelah puas hujan hujanan n poto poto dengan bintang bintang laut.. kitapun sampai ketepian pantai tanjung kelayang dan berucap syukur karena selamat sampai daratan.. ^ ^
perjalanan pun berlanju
t ke bukit berahu.. disini ada cottage yang tempatnya didepan pantai, cottagenya pake kayu kayu gitu n bersih.. tapi cukup kesiksa siy buat ke cottage ini kita harus menuruni tangga sekitar 40 anak tangga.. sempet ras nongkrong disini dan ada kaya restaurant kecil.. sop jagungnya enak dan makanannya not bad lah rasanya :P
Hari kedua ditutup dengan tidur cepat soalnya cukup cape karena ke pantai sepanjang hari plus rasa pegel karena keombang ambing ombak hehehhe lebay dehh..
Hujan pun turun keesokan harinya sehingga membatalkan rencana ras untuk pergi ke manggar.. akhirnya check out lebih awal dan bertolak lah ke tanjung pandan.. karena ras mo beli oleh oleh khas belitung.. informasi aja di tanjung pandan cuma ada KFC sama es teller 77.. akhirnya daripada gambling makan makanan yang ga cocok buat perut ras , makan sianglah ras di KFC.. ukuran nasi di KFC beda banget ama di Jakarta.. nasinya kecil banget.. ternyata emang beras disana lebih mahal karena semua harus membeli dari luar belitung.. di belitung sayuran , padi dan sejenisnya memang sulit karena semua itu kiriman dari luar kota belitung..
Karena bingung mau
cari oleh oleh dimana, akhirnya kita ke galery UMKM disitu semua ada, dari mulai makanan sampai kerajinan khas Belitung.. ada batu khas belitung,warnanya item kaya kurma busuk.. tapi mahal harganya.. selesai belanja , ras langsung ke bandara.. jarak antara bandara dari kota tanjung pandan sekitar 45 menit waktu tempuhnya..
saran ras kalo pergi ke B
elitung ga usa deh kita taro barang di bagasi, karena selain ngurusnya dibikin ribet.. ternyata mereka masi manual jadi kalo kita dari jakarta mendarat di belitung nunggu bagasi lamaa bangettt.. dari belitung ke jakarta mau masukin bagasi juga lama.. pake ditimbang timbang n ditanya isinya apa.. ribet lah pokoknya..
pesawat ras delay karena cuaca emang buruk.. tapi alhamdulilah bisa berangkat juga jam 17.30 padahal jadwalnya harusnya 16.20..
selamat deh sampai jakarta.. alhamdulilahhh.. ^ ^

Saran kalo ke Belitung :
1. Jangan ke Belitung dari bulan November - Maret , sering hujan n angin gede
2. Bawa segala sesuatunya dari rumah, entah itu obat ataupun makanan karena disana kotanya kecil susah cari apa apa.
3. Kalo ga punya temen jangan go show.. lumayan ribet mending pake travel agent.. banyak ko travel agent belitung.
4. wajib bawa alat snorkling or sejenisnya.. karena kalo sewa lumayan mahal.
5. Kalo cuaca cerah n angin lagi bagus segeralah ke pulau Lengkuas n sekitarnya.. karena itulah surganya Belitung.
6. Kalo mau makan seafood di Tanjung Tinggi itu lebih murah.. wajib coba ikan katarap bumbu nanas.

itu dulu cerita dari ras..
Tunggu cerita ras berikutnya ^ ^